Inilah Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Peran zat besi sama pentingnya dengan jenis mineral maupun vitamin yang dibutuhkan tubuh kita untuk melakukan proses pertumbuhan dalam tubuh. Zat besi memiliki sifat yang tak dapat diproduksi oleh tubuh, maka kita harus mencukupi kebutuhan zat besi dari makanan itu sendiri. Kekurangan zat  besi dapat meningkatkan resiko anemia dan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah tubuh.

Jenis dan Sumber Zat Besi

zat besi pada dasarnya ada beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi. Namun tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap penyerapan zat besi. Berikut ini beberapa jenis kategori sumber makanan dan sifat penyerapan tubuh terhadap zat besi yang dihasilkan.

Zat besi heme (dari hewan). Zat besi yang termasuk dalam golong heme lebih mudah diserap oleh tubuh. Bahkan daya penyerapan tubuh bisa mencapai lebih dari tiga kali kemampuan zat besi dari golongan non heme. Yang termasuk dalam golongan ini adalah makanan yang bersumber dari hewan.

Zat besi non heme (dari hewan). Zat besi ini didapatkan dari berbagai jenis makanan yang bersumber pada tanaman. Tubuh akan menciptakan reaksi penyerapan zat besi ini menjadi lebih cepat ketika dikonsumsi bersama makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium.

Kebutuhan zat besi untuk wanita adalah sekitar 14,9 mg per hari, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 8,9 mg per hari. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi dan manfaatnya untuk tubuh.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi Dari Hewan (Zat Besi Heme)

Makanan yang mengandung zat besi dari hewan cukup banyak, zat besi dari hewan ini dikenal dengan istilah Zat besi Heme.

Gurita (7,3 mg/75 gram)

Gurita adalah salah satu jenis hewan laut yang memiliki rasa gurih dan renyah. Di beberapa negara Asia Timur seperti Korea, Jepang  dan China mereka sudah terbiasa mengkonsumsi gurita. Sedangkan di Indonesia konsumsi gurita memang masih sangat rendah. Gurita terkenal dengan kandungan zat omega 3 yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan resiko stroke. Berikut ini manfaat mengkonsumsi gurita untuk kesehatan.

Kandungan EPA dalam gurita bisa mencapai sekitar 150 gram per 100 gram gurita. Ini adalah angka yang sangat direkomendasikan untuk mendapatkan stok omega 3 dalam tubuh. Gurita bisa menjadi pengganti beberapa sumber makanan hewan bagi orang yang sedang diet.

Dalam setiap 100 gram daging gurita mengandung sekitar 3 gram lemak, 160 kalori dan tidak memiliki serat. Kandungan vitamin yang ditemukan pada gurita antara lain adalah vitamin B6, B12, dan vitamin C. selain itu gurita juga memiliki kandungan kalsium sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Zat besi yang ditemukan pada daging gurita bisa mendukung proses produksi sel darah merah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *